Sejak diresmikannya sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Indonesia terus menyelenggarakan berbagai event besar untuk meningkatkan kondisi pariwisata di Indonesia, khususnya di wilayah Mandalika.
Pada 18-20 Maret 2022 mendatang, Indonesia akan menggelar
balapan MotoGP di sirkuit Mandalika. Indonesia akan menjadi tuan rumah kedua pada 20 Maret 2022, setelah agenda pertamanya di Qatar yang diadakan di Losail International Circuit.
Hal ini menjadi kesempatan yang baik untuk Indonesia khususnya dalam sektor pariwisata dengan adanya target 100.000 penonton MotoGP.
Seiring dengan meningkatnya animo masyarakat, memunculkan situasi defisitnya akomodasi
untuk menampung para calon penonton.
Pemerintah berupaya untuk dapat memenuhi target penonton dengan penyediaan akomodasi di Lombok yang memadai.
Sebagai anggota Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung PT Aviasi Pariwisata Indonesia
(Persero) atau yang dikenal dengan sebutan InJourney, PT Hotel Indonesia Natour (HIN) melakukan
persiapan untuk memenuhi kebutuhan akan akomodasi di Mandalika, Mataram dan sekitarnya.
HIN telah berkoordinasi dengan pemerintah Nusa Tenggara Barat untuk dapat mempersiapkan
perumahan warga menjadi hunian alternatif para penonton MotoGP karena melihat ketersediaan
tingkat hunian hotel berbintang yang mulai menipis.
Bekerjasama dengan Pemerintah Nusa Tenggara Barat, Dinas Pariwisata NTB dan dinas
terkait, HIN menggandeng desa wisata yang tersebar di seluruh wilayah Mandalika dan sekitarnya
seperti Desa Stanggor, Kampung Wisata Mandalika dan lain sebagainya.
HIN melalui salah satu business unitnya yaitu travel management, Jelajahin, akan menyediakan paket bundling, sehingga penonton dapat membeli langsung tiket nonton MotoGP, tiket pesawat serta akomodasi yang dapat dipilih melalui website www. jelajahin. id.
Disampaikan oleh Ibu Christine Hutabarat selaku Direktur Pengembangan Bisnis dan
Pemasaran PT Hotel Indonesia Natour.
“Kami berupaya menyediakan akomodasi serta bundling package agar para penonton dapat lebih mudah dengan adanya one stop service. Melalui kerjasama kami dengan pemerintah daerah serta pendekatan ke desa wisata, diharapkan dapat menjadi sumber
penghasilan bagi para penduduk sekaligus memenuhi kebutuhan akomodasi calon penonton MotoGP Mandalika,” ujar Christine.
Jelajahin merupakan digital platform yang dibuat sangat user friendly sehingga pengunjung
dapat memesan tiket, paket dan akomodasi dengan lebih mudah. Namun kami tetap menyediakan
layanan offline customer service apabila pengunjung membutuhkan informasi lebih detail dan
melakukan transaksi secara offline.
lanjutnya, jelajahin merupakan salah satu terobosan PT HIN dalam era digitalisasi yang semakin besar.
Dimana para traveller dapat membeli beragam servis seperti pembelian tiket pesawat, akomodasi, transport dan berbagai paket liburan ke seluruh Indonesia. Jelajahin dapat diakses melalui website maupun aplikasi.
(R/Jbn)