Festival Budaya Gau Maraja La Patau Matanna Tikka Diikuti Peserta dari Mancanegara

JBN.CO.ID
Minggu, 16 Juli 2023 | 12:56 WIB Last Updated 2023-07-16T05:57:34Z



JBN.CO.ID,SOPPENG -- Pemerintah Kabupaten Soppeng menggelar Pembukaan Festival Budaya Gau Maraja La Patau Matanna Tikka bertempat di Gedung Serbaguna Lapatau.Sabtu malam, 15/07/2023.

Acara di mulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia raya yang diikuti seluruh tamu undangan. kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dipimpin oleh, Andi Muhammad Ikram Andi Kaswadi Razak.

Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan. Andi Sumangerukka, Dalam sambutannya. Mewakili seluruh panitia kami Menyampaikan bahwa dengan terlaksananya Festival Gau Maraja La Patau Matanna Tikka adalah hasil karya kolaborasi dari berbagai pihak yakni pemerintah kabupaten Soppeng, Direktorat perfilman musik dan media, Kemendikbud riset dan balai pelestarian wilayah (19) sembilan belas.

Adapun beberapa bagian yang akan dilaksanakan sebagai rangkaian acara Gau Maraja La Patau Matanna Tikka yaitu, kirab budaya, Pameran UMKM dan makanan tradisional, Pertunjukan Seni budaya tradisional, pertemuan wija raja La patau Matanna Tikka, pameran benda pusaka, Seminar internasional dan masih banyak kegiatan lainnya.

Akhir kata " Kuru Sumange Salamaki to pada salama". Ujar Andi Sumangerukka.

Sambutan Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah 19, La ode Muhammad Azar. Gau Maraja adalah peringatan besar atau peringatan Akbar yang menyajikan dan sebagai ajang memperkenalkan berbagai makan kuliner serta dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya kearifan lokal.

Karna itulah inovasi sangat diperlukan dari semua pihak dalam melestarikan kebudayaan.

Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak SE dalam sambutannya. pemerintah kabupaten Soppeng menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada direktur perfileman yang sempat hadir menyaksikan acara pada malam berbahagia ini, dan seluruh tamu undangan dengan ucapan selamat datang di kabupaten Soppeng yang biasanya dikenal bumi Latemmamala atau kota kalong.

Untuk itu semoga kehadiran kita dapat bernilai ibadah di sisi Allah subhanahu wa ta'ala.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Sejarah La Patau Matanna Tikka adalah sosok pemimpin yang jujur tegas dan seorang pemeluk agama Islam yang sangat kuat pada masa itu.

Olehnya itu sekarang kita menggagas suatu pertemuan besar yang mana acara yang pertama La patau telah terlaksanakan di Kabupaten Bone dan untuk pelaksanaan sesi kedua kabupaten Soppeng ditunjuk sebagai pelaksana.

Pelaksanaan La Patau belum bisa dianggap sempurna, karena kami menyadari banyak kekurangan yang kami miliki selaku penyelenggara, untuk itu kami atas nama Pemerintah Kabupaten Soppeng memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh tamu undangan.

Diketahui, Festival Budaya La Patau akan berlangsung selama 4 hari mulai 15 hingga 18 July 2023 yang di Hadiri tamu undangan dari berbagai Negara diantaranya :
1.Singapure
2.Amerika
3.Australia
4.Japan
5.Belanda
6.Brunai Darussalam
7.Filipina
8.Malaysia.(**)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Festival Budaya Gau Maraja La Patau Matanna Tikka Diikuti Peserta dari Mancanegara

Trending Now

Iklan