Gotong Royong Membangun Kebersamaan dan Perbaikan Lingkungan

JBN.co.id
Minggu, 25 Agustus 2024 | 17:49 WIB Last Updated 2024-08-25T10:49:40Z

JBN NEWS | PEMALANG — Gotong royong adalah sebuah istilah yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tak jarang kita mendengar tentang nilai gotong royong yang terus dipupuk oleh masyarakat dalam berbagai kegiatan. Seperti yang diungkapkan oleh Presiden Jokowi, gotong royong adalah jantungnya Indonesia. 

Salah satu bentuk nyata dari semangat gotong royong adalah melalui kegiatan membersihkan lingkungan baik itu jalan raya dan lingkungan sekitar. 

Seperti contohnya kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh Anggota Koramil 07/Ampelgading beserta warga desa Banglarangan dan Desa Losari, serta anak cabang LDII Desa Banglarangan yang secara bersama-sama membersihkan sepanjang bahu jalan raya Losari-Ampelgading. Minggu, 25/08/2024

Tujuan dari kegiatan gotong royong ini adalah untuk menjaga keselamatan pengguna jalan, karena banyak pohon dan semak belukar yang bisa mengganggu batas pandang di jalan raya. 

Selain itu, banyak warga yang membuang sampah sembarangan di sepanjang jalan, sehingga terlihat sangat kotor. Oleh karena itu, kegiatan pembersihan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Dalam pelaksanaan kegiatan gotong royong, peran kerja sama sangat penting. Semua peserta gotong royong saling bekerja sama dan membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama. Tanpa kerja sama yang baik, kegiatan gotong royong tidak akan berhasil. Selain itu, kegiatan gotong royong ini juga dapat mempererat hubungan antara warga dengan anggota Koramil 07/Ampelgading.

Danramil 07/Ampelgading Kapten Arh Teguh menyampaikan " Selain menjaga kebersihan lingkungan, kegiatan gotong royong juga dapat mengajarkan nilai-nilai sosial kepada generasi muda. Dalam kegiatan tersebut, anak-anak dan remaja diajarkan untuk saling bekerja sama dan membantu orang lain, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sehingga, nilai-nilai sosial yang terkandung dalam gotong royong akan terus berlanjut ke generasi selanjutnya.

Dalam konteks pembangunan nasional, semangat gotong royong juga penting untuk mempercepat pembangunan. Dalam hal ini, gotong royong akan mempersatukan seluruh komponen bangsa, selain itu untuk  menciptakan  Kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia," tuturnya.

Kesimpulannya, kegiatan gotong royong merupakan contoh nyata dari semangat kebersamaan dan perbaikan lingkungan yang menjadi nilai dasar masyarakat Indonesia. Kegiatan gotong royong adalah bentuk konkret dari semangat kebersamaan, saling membantu, dan kemanusiaan yang bersumber dari kehidupan dan tradisi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, gotong royong harus terus dipupuk guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta mempercepat pembangunan di Indonesia. (himawan)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gotong Royong Membangun Kebersamaan dan Perbaikan Lingkungan

Trending Now

Iklan