Gotong Royong Mempermudah Akses Jalan Warga Di Desa Pedagung Bantarbolang

JBN.co.id
Rabu, 14 Agustus 2024 | 04:31 WIB Last Updated 2024-08-13T21:31:06Z

JBN NEWS | PEMALANG — Pelaksanaan gotong royong yang melibatkan anggota Koramil 09/ Bantarbolang, Koptu Nanang Tri Budi A dan warga Desa Pedagung dalam pengecoran jalan sepanjang 500 meter di Dusun Beji Desa Pedagung, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang berjalan lancar dan sukses, pada Selasa(13/8/2024).

Kegiatan gotong royong tersebut dilakukan dengan maksud untuk mempermudah akses jalan perekonomian, pertanian, dan pendidikan bagi warga desa setempat. Hal ini menjadi bukti bahwa semangat gotong royong masih melekat kuat di masyarakat pedesaan Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan warga desa bahu-membahu melakukan pengecoran jalan dengan menggunakan alat dan bahan yang mereka siapkan bersama. Kegiatan ini diawali dengan pembersihan jalan dan pengukuran untuk menentukan titik-titik yang perlu dibenahi. 

Selanjutnya, pengecoran dilakukan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran yang baik dari warga dan babinsa.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga dijadikan momen untuk mempererat silaturahmi antara babinsa dengan warga di desa binaan sehingga tercipta suatu kebersamaan yang solid dan saling mendukung antara mereka.

Dalam pelaksanaannya, gotong royong yang melibatkan masyarakat juga membawa dampak yang positif, antara lain meningkatkan kesadaran gotong royong dan semangat kebersamaan serta jiwa sosial yang tinggi pada masyarakat desa. Gotong royong juga membawa manfaat yang signifikan dalam melakukan kegiatan di bidang apapun, di setiap kesempatan yang ada.

Selain itu, gotong royong juga menjadi solusi dalam mengoptimalkan hasil kerja, karena tidak hanya satu atau dua orang saja yang bekerja, melainkan melibatkan banyak orang sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efektif.

Koptu Nanang Tri Budi A berharap dengan kegiatan gotong royong seperti ini, diharapkan keterbatasan yang dialami masyarakat desa seperti sulitnya akses jalan menuju wilayah masing-masing dapat diperbaiki. 

"Selain itu, gotong royong juga dapat menjadi wahana bagi warga desa untuk mempererat hubungan sosial dan menciptakan kesejahteraan bersama serta kemanunggalan TNI dengan Rakyat," pungkasnya. (rl/himawan)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gotong Royong Mempermudah Akses Jalan Warga Di Desa Pedagung Bantarbolang

Trending Now

Iklan