Jokowi Mengaku Tidak Ikut Campur Penyusunan Kabinet Prabowo-Gibran

JBN.co.id
Jumat, 11 Oktober 2024 | 17:39 WIB Last Updated 2024-10-11T10:43:08Z

JBN NEWS | IKN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dirinya tidak ikut campur dalam penyusunan kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto. Pemilihan menteri menjadi hak prerogatif dari Prabowo.

"Jangan tanya ke saya yang berkaitan dengan itu (menteri-menteri), karena orang akan langsung negativisme tadi, saya ikut-ikut (campur), intervensi, ndak," ujar Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Jumat, 11 Oktober 2024. 

Jokowi juga enggan mengomentari calon-calon menteri era Prabowo. Ia baru buka suara ketika ditanya langsung oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Kalau ditanya, kalau enggak ditanya saya enggak akan jawab. Pak bagaimana ini menurut bapak, Pak Andre Rosiade, nah saya jawab," tuturnya.
 
Presiden menjelaskan dirinya juga enggan diintervensi hak prerogatifnya. Sehingga, ia memilih untuk menghormati hak prerogatif Prabowo dalam pemilihan menteri.

Oleh karenanya, Jokowi meminta kepada peserta CEO Forum tidak bertanya ihwal susunan kabinet ke depan. Ia meminta mereka bisa bertanya kepada Ketua MPR Ahmad Muzani yang turut hadir.

"Nanti tunggu saja hari Senin (21 Oktober) seminggu lagi, menteri-menterinya akan dilantik kalau mau tahu menterinya siapa-siapa tanya ke Pak Ahmad Muzani," ungkap dia.

Diketahui, Prabowo akan dilantik sebagai Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober 2024. Sementara, pelantikan kabinet rencananya dilakukan pada Senin, 21 Oktober 2024.(in/ces/BPMI)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jokowi Mengaku Tidak Ikut Campur Penyusunan Kabinet Prabowo-Gibran

Trending Now

Iklan