Sambut Hari Santri 2024, Kemenag Gelar Pelatihan Pesantren Digital

JBN.co.id
Minggu, 20 Oktober 2024 | 11:14 WIB Last Updated 2024-10-20T04:14:25Z

JBN NEWS | JAKARTA — Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag) Prof Amien Suyitno membuka kegiatan pesantren digital mengenai pelatihan kreator konten dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dengan peserta santri di seluruh Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Santri 2024.

“Pada kesempatan ini kami mengagendakan kegiatan untuk para santri menambah kompetensi, untuk menambah soft skill khususnya dibidang literasi digital,” ujarnya melalui Youtube Pendidikan Pesantren, pada Sabtu (19/10/2024). 

Ia menambahkan berdasarkan catatan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bahwa 99 persen saat ini gen Z yang rata-rata usia para santri yang merupakan generasi digital atau sadar digital. 

“Sejak lahir para gen Z ini sudah sadar akan dunia digital atau internet, sehingga di sisi lain ini menjadi sebuah peluang dan di sisi lain menjadi sebuah tantangan, sehingga hadirnya pelatihan ini membekali santri untuk menjadi orang-orang yang memiliki literasi yang kuat akan literasi digital,” ujar Prof Amien. 

Senada dengan Prof Amien, Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kemenag Mastuki menyampaikan kegiatan ini diadakan untuk membekali para santri mengenai teknologi yang berguna di masa depan. 

“Kegiatan ini membekali santri mengenai teknologi dan perkembangannya yang eksponensial hari ini dan lebih-lebih dimasa depan, salah satunya adalah pemanfaatan AI dalam berbagai ranah kehidupan," katanya.

Masa depan, menurutnya, adalah nyata dan realita yang akan dihadapi. Karenanya, tidak ada alasan menunda-nunda dalam mempersiapkan masa depan mengingat masa depan itu justru arus dipersiapkan saat ini juga. 

"Masa depan itu adalah milik mereka yang mempersiapkannya hari ini,” ujar Mastuki. 

Ia menambahkan bahwa pelatihan yang diadakan Kemenag melalui Massive Open Online Course (MOOC) Pusat Informasi Pelatihan dan Pembelajaran (Pintar) berkomitmen menyediakan berbagai pelatihan bagi ASN Kemenag dan masyarakat umum yang memiliki relasi dengan pendidikan keagamaan. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sambut Hari Santri 2024, Kemenag Gelar Pelatihan Pesantren Digital

Trending Now

Iklan